Teknik Dasar Bantingan De Ashi Barai & Ouchi Gari Dalam Judo

A.   TEKNIK BANTINGAN DEASHI HARAI
De ashi Barai adalah salah satu teknik bantingan yang dipelajari di Jujitsu. Teknik bantingan De ashi Barai menggunakan kaki sebagai salah satu faktor keberhasilannya menjatuhkan lawan dengan cara sapuan kaki.  Dengan demikian teknik bantingan ini dapat dikategorikan sebagai salah satu teknik bantingan dengan menggunakan kaki. Teknik bantingan De ashi Barai dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.      Tangan tori menarik tangan uke untuk merubah keseimbangan (kuzushi) uke.
2.      Pada  saat uke merubah posisi kaki (karena adanya tarikan tangan),  maka secara bersamaan tori menempatkan telapak kakinya di mata kaki uke (lawan).
3.      Dengan harmonisasi tarikan tangan ke arah samping dan sapuan kaki, maka tori dapat menjatuhkan uke (lawan) ke arah samping.




TEKNIK BANTINGAN O UCHI GARI
Teknik Dasar Bantingan Ko-Uchi-Gari merupakan perbalikan dari teknik Kosoto-Gari yaitu teknik bantingan dengan menyabit dari dalam ke luar (Small Inner Reap).
Sama halnya dengan teknik bantingan yang lain, teknik ini dipakai untuk menghilangkan keseimbangan badan Uke ke arah belakang. Maka dari itu, Tori menyabit kaki kanan Uke dari dalam dengan menggunakan kaki kanannya dan melempar uke ke belakang.
1.      Sikap pegangan kanan yang bebas. Tori mendorong uke dengan kanannya ke arah kiri belakang uke.
 

2.      Uke akan mendong kembali, pada sat itu  tori menarik  uke dengan tangan kirinya (Hikite) sambil menggeser kaki kirinya ke belakang kaki kanannya. Tariklah dengan gerakan badan ke kiri sehingga uke akan melangkah maju dengan kaki kanannya. 
 
3.      Saat sebelum uke menghentikan langkahnya dan menapakkan kaki kanannya, Tori memindahkan berat badannya pada kaki kirinya dan menyabit/mengait dengan telapak kaki kanannya pada belakang tumit uke dari arah dalam.
 
4.   Arah sabitan/kaitan searah dengan arah ibu jari kaki uke.
 
5.      Pada saat bersamaan Tori mendorong serta menekan Uke ke bawah dengan kedua tangannya sehingga uke akan terjatuh ke belakang.
 

B.   TEKNIK DASAR BANTINGAN OUCHI GARI JUDO
 
Ouchi-Gari adalah teknik bantingan dengan cara menyabit atau menjepit dari dalam dengan kaki (Large Inner Reap/Clip). Untuk memuluskan teknik ini Tori perlu menghilangkan keseimbangan Uke, setelah keseimbangan badan Uke ke serong kiri ke belakang hilang maka Tori melakukan gerakkan menyaabit atau menjepit dengan kaki kanan pada kaki kiri Uke sehingga Uke akan jatuh ke belakang.

1. Sikap pegangan kanan yang biasa
 

2. Dengan satu gerakkan yang berkeseimbangan Tori maju setelah melangkah ke depan, terikalh (Hikite) Uke dengan tangan kanan  sehingga Uke akan melangkah maju dengan kaki kiri ke samping kanan Tori.
 

3, 4. Sebelum uke selesai melangkah dan meletakkan telapak kakinya pada tatami, maka dengan cepat Tori menyelipkan kaki kanannya ke belakang keki Uke (belakang lutut kaki Tori terhadap belakang lutut Uke) kemudian jepitlah/sabitlah dengan suatu gerakkan lingkaran besar ke serong kanan belakang Tori. 




4, 5. Tanpa mengurangi kekuatan tangan kiri, doronglah (Oshite) Uke dengan tangan kanan ke arah bawah dan jepit kaki kanan Uke sehingga akan terjatuh ke arah belakang. Pada saat menyerang Tori harus memutar pinggulnya kek kiri sehingga kaki kanannya di dahului dengan tumit, ibu jari kaki mengarah ke dalam lalu menyabit dengan gerakkan setengah lingkaran besar ke belakang. Janganlah menjepit ke atas dengan kaki kanan tetapi rendahkan pinggul sehingga gerakkan jepitan menjadi lebih efektif dengan bantuan gerakkan pinggul.


 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permaina Tradisional Nglarak Blarak