Permainan Dengan Alat "Perang Berebut Tali"
Strategi Pembelajaran Pendidikan
Jasmani
Nama permainan : "Perang Berebut Tali"
Kegiatan
|
Materi
|
Waktu
|
Alat &
Bahan
|
1.
Pendahuluan
|
1.1.
Siswa di bariskan atau di kumpulkan.
1.2.
Guru membuka
pembelajaran dengan mengucapkansalam, dilanjutkan memimpin berdo’a.
1.3.
Guru mempresensi siswa sekaligus mengecek kerapian
dan kesehatan siswa.
1.4.
Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan.
1.5.
Guru mengecek pemahaman siswa tenteang materi
pembelajaran.
|
2
Menit
|
·
Buku Presensi
·
Bulpoin
|
2. Kegiatan Inti
|
2.1.
Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
2.2.
Setiap
anggota kelompok memakai tali rafia yang diselipkan di celana bagian
belakang, dan warna tali rafia antar kelompok berbeda.
2.3.
Siswa menempatkan diri pada posisinya
masing-masing.
2.4.
Guru meniup peluit (tanda permainan telah
dimulai).
2.5.
Permainan
Setiap anggota kelompok mencoba
mengambil tali rafia dari anggota kelompok lainnya
Kelompok yang lebih cepat
mengambil seluruh tali rafia dari kelompok lain adalah pemenangnya
Area permainan dibatasi garis dan
tidak boleh melewati area yang sudah ditentukan
Jika permainan terlalu cepat dapat
dilakukan 3 babak dan atau setiap kelompok mendapat 2 kali kemenangan.
2.6.
Guru meniup peluit (2x) tanda permainan telah
selesai
|
5 Menit
|
|
3.
Kegiatan Akhir
|
3.1.
Siswa dikumpulkan di tempat yang teduh sambil
merilekskan otot-otot yang tegang.
3.2.
Sambil beristirahat, guru menjelaskan tujuan dan
manfaat yang diperoleh dari permainan
tersebut.
3.3.
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
2
Menit
|
|
10
meter
10
meter
Komentar
Posting Komentar